Wednesday, July 03, 2013

Lombok Part 1

Setelah hampir 1,5 tahun tinggal di Bali, kini semakin dekat waktuku untuk pindah ke pulau seberang, melanjutkan siklus hidupku yang mau tak mau harus ku jalani.Sudah direncanakan dari beberapa bulan yang lalu kalau last weekend sebelum aku pindah ke Jakarta aku dan teman-teman akan menyempatkan diri mengunjungi Lombok, pulau seberang Bali yang kata orang jauh lebih bagus dibandingkan Bali. Sampai-sampai ada yang bilang "Di Lombok kita dapet suasana Bali, tapi di Bali kita tidak akan menemukan suasana Lombok". Hmmm, harus dibuktikan memang, hehe..
Sebelum berangkat ke Lombok kami mempersiapkan segala sesuatunya dari Bali,mulai penginapan, tiket pesawat, rental mobil dan yang tak kalah penting list tempat-tempat yang mau kami kunjunggi. Semuanya beres sebelum kami berangkat ke Lombok.
Kami memutuskan untuk berangkat menggunakan kapal fery dari padang bai. Berangkat jumat malam dari kuta sekitar jam 9 an dengan menggunakan mobil pribadi, akhirnya kami sampai di Padang bai sekitar pukul set.11 malem. Setelah membeli tiket seharga 36rb, kamipun langsung menuju kapal. Beruntunglah kami, kapal yang kami tumpangi lumayan kosong, jadi satu kursi panjang bisa kita gunakan untuk satu orang, lumayanlah buat istirahat setelah seharian bekerja, hehe..
Sunrise in Lembar

Setelah perjalanan sekitar 4 jam kami akhirnya sampai di pelabuhan Lembar. Sempat binggung mencari tempat untuk menunggu jemputan, karena kami janjian sama rent car untuk dijemput jam 7 pagi, akhirnya kami menemukan tempat yang lumayan bersih untuk menunggu pagi.
Jam 7 pagi, akhirnya jemputanpun datang. Kami langsung menuju kota Mataram untuk memulai perjalanan kami di Lombok. Setelah mampir sebentar untuk sarapan, akhirnya kami sampai di pantai Kuta sekitar jam 9 an di rumah adat suku asli Lombok. Sasampai di tempat tersebut kamipun disambut seorang pemuda Sade yang dengan ramah menjelaskan sejarah dan kehidupan mereka sehari-hari. Disana kami juga membeli sarung khas Lombok yang menurut mereka asli bikinan tangan suku Sade.
Sasak Village

Perjalananpun dilanjutkan menuju pantai Kuta. Sesampai di pantai Kuta kami serempak kagum saat melihat birunya air laut, walaupun pantai di Bali juga bersih, tapi suasana dan biruya air laut yang kami liat sangat beda dengan air laut di Bali.
The beautiful view in Tanjung Aan

Pejalanan setengah hari pertama kita habiskan di Pantai Kuta, Pantai Seger dan Tanjung Aan. Pantai tersebut sebenarnya letaknya masih satu jalur, jadi tidak butuh waktu lama untuk berpindah dari pantai yang satu ke pantai yang lain.
Setelah puas bermain air, akhirnya kami memutuskan untuk mencicipi makanan khas Lombok. Sempat pengen merasakan ayam taliwang yang sudah sangat terkenal itu, tapi kata driver kami penjual ayam taliwang biasanya baru buka pada sore hari. Yasudahlah sate rembige pun tak apa buat mengisi perut kami yang sudah mulai lapar.
Diperjalanan menuju tempat makanan, kami mampir untuk membeli mutiara Lombok.  Selain terkenal dengan keindahan alamnya, Lombok juga terkenal dengan mutiaranya. Sayapun tak mau ketinggalan membeli mutiara untuk mama tercinta, hehe.
Perjalanan hari pertamapun diakhiri dengan melihat keindahan matahari terbenam di Pantai Malimbu dan akhirnya checkin ke hotel yang sudah kami pesan jauh-jauh hari sebelumnya.