Wednesday, February 19, 2014

Senam Hamil

Berhubung usia kandunganku sudah lebih dari 28 minggu, akhirnya dokter sudah memperbolehkan untuk menggikuti senam hamil. kerena ada beberapa kendala, akhirnya senam hamil perdana aku lakukan tanggal 8 Februari kemarin. Sudah g sabar banget ni pengen ngerasain senam hamil seperti apa, maklum, biasanya kalau melakukan hal yang baru selalu penasaran, hehe...

Sebelum melakukan senam hamil, instruktur senam yang juga sebagai perawat di rumah sakit tersebut berkenalan dengan kami. Menanyakan usia kehamilan kami sekaligus mengukur detak jantung janin yang ada di kandungan kami. Beliau juga menanyakan apakah ada yang posisi bayinya sungsang. Setelah memastikan semuanya normal, beliau pun menjelaskan manfaat apa saja yang diperoleh kalau kita melakukan senam hamil. Karena daya ingat saya yang tidak terlalu baik, harap maklum kalau ada beberapa yang lupa, hehe. Kira - kira seperti ini yang beliau sampaikan :
  • Melatih pernafasan, sehingga akan mempermudah dalam proses persalinan normal
  • Melatih otot perut, paha dan panggul
  • Rileksasi bagi Ibu Menambah rasa percaya diri bagi Ibu dalam menghadapi persalinan
  • Sarana bertukar informasi bagi sesama Ibu hamil

Setelah menjelaskan beberapa manfaat tersebut akhirnya senampun dimulai. Pertama-tama kami diajarkan cara bernafas, baik itu pernafasan perut, dada dan diafragma. Selanjutnya kami diajarkan beberapa gerakan kaki, bokong, paha, dan panggul. Untuk bunda yang usia kehamilannya sudah lebih dari 37 minggu akan diajarkan posisi dan cara yang benar saat proses persalinan berlangsung. Instruktur juga menjelaskan tentang tanda-tanda saat bayi sudah siap keluar dan peralatan apa saja yang perlu kami bawa saat persalinan.

Sesi terakhir ditutup dengan tanya jawab seputar kehamilan kami. Beberapa pertanyaan diajukan, dan itu dapat menambah pengetahuanku tentang suka duka mengandung, hal apa saja yang nantinya akan terjadi, bagaimana cara mengatasinya, dll. Ternyata seru juga ya ikut senam hamil, semoga lain waktu masih ada kesempatan untuk ikut lagi, maklum kalau weekend suka ada beberapa acara, hehe..

1 comment:

  1. wah infonya bermanfaat sekali. . . biar ndak perlu repot-repot ke sanggar senam bumil. apakah ketika senam ada rekomendasi untuk pakai baju senam aerobik ?

    ReplyDelete